Menilai Sesuatu Sebagai « Keberhasilan »

Kira-kira sepekan yang lalu, saya sedang membersihkan kamar mandi sembari mendengarkan siaran TV. Tiba-tiba suara telepon genggam saya berbunyi. Jidat saya berkerut membaca sms tersebut :  »emang ya, kalau mau berhasil memang sulit, harus tetap semangat untuk mencapainya ». Saya bengong. Sms nyasar dari seorang sahabat saya untuk someone special dikehidupannya membuat saya terpingkal-pingkal membacanya. Saat itu yang saya pikirkan adalah : sahabat saya ceroboh karena mengirimkan sms nyasar di saat saya sedang membersihkan kamar mandi, dan yang kedua adalah sahabat saya terlihat depresi karena mengira bahwa menjadi seseorang yang berhasil itu butuh perjuangan yang ekstra hingga dia harus curhat ke someone special.

Sebagai seorang perempuan yang haus belajar, saya punya perspektif tersendiri mengenai kata « keberhasilan ».

Bagi saya, keberhasilan bukanlah semata-semata seorang sarjana fresh graduate yang mendapat pekerjaan layak di pemerintahan. Atau seorang sarjana jurnalistik yang mendapatkan posisi produser di media massa. Atau seorang eksekutif muda yang bisa melalang buana ke luar negeri karena gajinya per bulan cukup membuat rekeningnya hampir meledak saking gemuk saldonya. Atau seorang mahasiswa yang mampu menjadi doktor dalam usia kurang dari 30 tahun. Atau dia seorang anak pejabat kaya raya yang memiliki dunia dan seisinya.

Bagi saya, keberhasilan adalah ketika seorang anak berusia 12 bulan bisa mengucapkan kata  »ma »  »pa » meski terbata-bata. Keberhasilan adalah ketika seorang perempuan bisa membantu ibunya mencuci piring di dapur tanpa harus diteriaki. Keberhasilan adalah ketika seorang guru mampu membuat muridnya yang tidak terlalu pintar bahasa kemudian menyukai pelajaran bahasa inggris. Keberhasilan adalah ketika seorang pekerja mampu menyelesaikan tugas lembur yang diberikan bos nya tanpa ada cacat ketika dikoreksi. Keberhasilan adalah ketika seorang istri mampu mengolah ikan yang amis menjadi ikan yang lezat dan gurih untuk makan malam suaminya. Keberhasilan adalah ketika seorang perempuan mampu membenahi isi rumahnya tanpa meneriaki pembantunya. Keberhasilan adalah ketika seorang istri mampu memutar otak ketika suami haus tidak ada jus maupun sirup, dia memeras jeruk nipis dicampur air maka jadilah lime jus sederhana yang nikmat. Keberhasilan adalah ketika seorang suami mampu mengepel dan menyapu ketika istrinya lelah. Keberhasilan adalah ketika seorang anak terjatuh dan luka, ia tidak menangis dan berjalan kembali. Keberhasilan adalah ketika anda bisa mengeluarkan seluruh isi hati anda kepada seseorang tanpa memendamnya. Keberhasilan adalah ketika hati anda terasa hancur tetapi anda tersenyum kepada semua orang. Keberhasilan adalah ketika anda hanya memiliki uang 5000 untuk 1 minggu ke depan dan anda tidak mengeluh kepada siapapun.

Keberhasilan adalah segala upaya dan hasil yang terlihat kecil, tetapi besar artinya dalam makna kehidupan. Keberhasilan adalah bagaimana anda bisa mensyukuri segala nikmat illahi yang telah Dia berikan kepada anda.

Lantas, bagaimana dengan kalimat ini :  »saya memiliki segalanya tapi saya belum menikah? »

Bagi saya anda tetap berhasil.

Kenapa?

Karena bagi saya anda berhasil karena anda bersabar menanti seseorang yang akan mendampingi hidup anda kelak.

Bagaimana dengan ini :  »Saya selalu gagal interview pekerjaan, gagal berhubungan sosial, dan gagal dalam masalah perencanaan ».

Bagi saya, anda berhasil, JIKA anda tidak letih untuk mencoba dan mencoba lagi tanpa putus asa.

Maka, berkhusnuzon lah (positive thingking) kepada apa yang anda alami, maka anda akan merasa bahwa anda adalah orang yang berhasil setiap saat dan membuang perspektif lama anda tentang  »keberhasilan ».

3 réflexions sur “Menilai Sesuatu Sebagai « Keberhasilan »

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

Laisser un commentaire

